Membangun sebuah usaha di bidang kuliner tidak selalu mudah, terutama jika tujuan jangka panjang ingin dikejar. Berbagai merek yang mampu bertahan walaupun ada perubahan zaman, biasanya memiliki produk yang selalu relevan dengan kebutuhan pasar. Salah satunya adalah franchise kebab Baba Rafi.
Harus diakui jika tren bisnis kuliner memang dikenal sebagai hal yang cepat berubah. Apabila sebuah kuliner sudah selesai masa trennya, maka peluang untuk dapat bertahan sangatlah tipis sehingga ujung-ujungnya banyak yang mengalami kebangkrutan. Oleh karena itu, untuk brand yang memiliki produk seperti mie, donat, kopi, dll. inilah yang biasanya mampu untuk bertahan lama.
Jadi, apakah ada peluang untuk memulai franchise ini? Berapa besar modal yang dibutuhkan? Apa yang dapat diperoleh dari bisnis ini? Simak artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut, yuk!
Tentang Kebab Baba Rafi
PT Baba Rafi Indonesia dimulai dari gerobak yang cukup sederhana di Kota Surabaya pada tahun 2003, tepatnya di daerah Semolo. Pendirinya yang bernama Hendy Setiono, terinspirasi dari berbagai makanan Arab ketika berkunjung ke Qatar. Setelah kembali ke Indonesia, ia mulai mencoba mengadaptasi rasa yang cocok untuk lidah masyarakat Indonesia.
Pada tahun 2005, akhirnya ia memutuskan untuk menggandeng sebuah nama brand dan mulai berbisnis menggunakan konsep waralaba. Tahun 2022, Kebab Baba Rafi telah menyebar ke seluruh Indonesia dengan lebih dari 1300 gerai, termasuk di Pulau Jawa, Nusa Tenggara, hingga Papua. Tidak hanya terkenal di Indonesia, merek kebab ini berhasil menggapai pasar mancanegara. Jumlah gerainya sudah mencapai 68 unit di 9 negara, seperti Bangladesh, Belanda, Brunei, China, Filipina, India, Malaysia, Singapura, dan Sri Lanka. Ekspansi internasional ini dimulai dari Malaysia dan Filipina pada tahun 2012.
Dengan keberhasilan terhadap bisnis yang dijalani ini, PT Baba Rafi ini tetap memprioritaskan tanggung jawab sosialnya. Perusahaan ini dengan melakukan program-program CSR di bidang pendidikan dan kewirausahaan. Bahkan pada tahun 2019, PT Baba Rafi pun telah mendirikan sebuah badan amal milik Kebab Baba Rafi
Menu Kebab Baba Rafi
Kebab sudah tentu menjadi menu utama yang disajikan di franchise kebab Baba Rafi ini. Namun, kebab ini sebenarnya memiliki nama lain yaitu Shawarma. Proses memasak kebab yakni memanggang daging di atas panggangan atau skewer. Sedangkan daging yang dimasak di Baba Rafi ini kemudian dibungkus bersama dengan bahan seperti bawang bombai, selada, tomat, tortila, dan lainnya. Inilah yang disebut Shawarma. Saat itu charcoal dough sempat menjadi viral, dan untuk terus mengikuti tren dunia makanan tersebut, merek kebab ini juga menyajikan menu black kebab. Makanan ini memiliki resep yang sama, hanya saja bahan tortilla diadon dengan charcoal yang bermanfaat untuk organ pencernaan.
Selain kebab, ada menu lain yaitu menu musiman, yang dapat dipesan di sini mulai dari burger, roti canai, french fries. Ada juga menu manis seperti kebab piscok atau pisang coklat. Untuk harga menu di Baba Rafi, mulai dari Rp 22.000 – Rp 35.000 untuk kebab dan menu musiman, serta harga Rp 16.000 – Rp 19.000 untuk menu desert (kebab piscok, canai).
Paket Franchise Kebab Baba Rafi
Apakah Anda tertarik untuk menjadi mitra dari franchise Kebab Baba Rafi? Maka dari itu, Anda tentu harus memenuhi syarat-syarat tertentu seperti lokasi yang strategis. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan beberapa hal lain seperti rekrutmen karyawan, indekos karyawan, sepeda motor sebagai kendaraan lokal, dan freezer.
Biaya untuk bergabung di franchise ini bervariasi tergantung dari luas lokasi, mulai dari 125 juta rupiah (untuk booth paling kecil) hingga 300 juta rupiah (untuk full container cafe).
Tahapan mendaftar sebagai mitra franchise Kebab Baba Rafi cukup sederhana. Pertama, ikuti presentasi bisnisnya. Kedua, isi formulir pendaftaran sebagai calon franchisor. Kemudian, lakukan pembayaran commitment fee 10 juta rupiah dan proteksi lokasi strategis. Selanjutnya, jelaskan mengenai jadwal operasional. Setelah itu, lakukan survei lokasi, tandatangani MoU, lalu lunasi investasi sebesar 100%. Setelah terdaftar, Baba Rafi akan membantu penyerahan Sop, pelatihan karyawan, dan pembuatan outlet. Terakhir, persiapan opening dan grand opening gerai.
Jika ingin informasi lebih lengkap, silakan kunjungi Ruko Manyar Garden Regency Kav. 29-30, Jalan Nginden Semolo 109 Surabaya. Atau hubungi Hotline di +62852 3362 1244. Anda juga bisa kunjungi situs web resminya di babarafi.com atau email di info@babarafi.com.
Jika Anda berhasil menjadi mitra Kebab Baba Rafi, Anda akan menikmati berbagai kelebihan. Diantaranya, nama brand yang sudah sangat populer, panduan dan pelatihan karyawan dari manajemen pusat, serta rasa, kualitas, dan ciri khas produk yang teruji.
Ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang franchise dan kemitraan lainnya? Silakan hubungi kami. Bersama tim kami, Anda dapat memperoleh peluang bisnis terbaik dan menemukan cara untuk mendapatkan keuntungan setiap hari.
Jika kamu ingin bertanya perihal franchise atau kemitraan, bisa menghubungi nomor WhatsApp di bawah ini.
