Agustus memiliki banyak cerita perihal bisnis franchise di Indonesia. Salah satu yang pastinya tak terlupakan adalah event IFRA 2024 yang diadakan di JCC Jakarta tanggal 16-18 Agustus.
Selama tiga hari, ratusan franchise dari berbagai sektor menawarkan kerjasama kepada calon mitra. Misalnya saja Warteg Express Bahari, Luuca, Alfamart hingga Kumon.
Nah di luar event offline itu, para brand juga berlomba mencari calon mitra di dunia digital. Jumlah pencarian beberapa brand di mesin pencari Google menjadi bukti keseriusan para brand untuk melebarkan sayapnya.
Misalnya saja Indomart yang memiliki jumlah pencarian hingga 1 juta kali di bulan Agustus 2024. Jumlah yang sama juga dirasakan brand ekspedisi JNE.
Sementara di media sosial seperti Instagram, brand yang paling banyak mendatangkan follower baru adalah JNE dengan rata-rata harian yang fantastis yakni 3.167.
Sayangnya di sektor yang sama beberapa brand justru kehilangan banyak pengikut seperti Sicepat dengan rata-rata harian 52 followers.
Seperti bulan sebelumnya, FranchiseIndonesia.id mengkurasi ratusan franchise menjadi 5 besar untuk sektor makanan, minuman, kesehatan, retail dan logistik. Yang kemudian dikurasi kembali.
Kami menggunakan tools khusus untuk melihat pertumbuhan pengikut di setiap akun media sosial brand sepanjang 30 hari terakhir di bulan Agustus.
Kami juga melihat jumlah pengunjung website mereka serta berapa banyak orang yang mencari brand tersebut di bulan Agustus.
Jika ada brand yang memiliki skor yang sama dalam perhitungan, maka akan dilihat jumlah pengunjung website mereka.
Pada akhirnya menghasilkan peringkat yang kami sebut “Franchise Indonesia Terpopuler” di bulan Agustus 2024.
Berikut ini peringkat yang dibuat dengan tampilan sederhana dan mudah dimengerti:
1. Food
2. Drink
3. Retail
4. Health
5. Logistic
Jika kamu ingin bertanya perihal franchise atau kemitraan, bisa menghubungi nomor WhatsApp di bawah ini.
