FnB menjadi sektor yang mendominasi sistem bisnis franchise atau walarala. Bahkan, Kementerian Perdagangan menyebutkan kalau persentase waralaba di sektor FnB adalah 47,92 persen.
Saking banyaknya, mungkin Sahabat Franchise akan bingung untuk memilih brand mana yang layak dijadikan bisnis untuk mencari cuan.
Tak sedikit pula yang tak tahu jika beberapa brand terkenal ternyata tidak membuka kerjasama franchise atau kemitraan.
Nah, kali ini FranchiseIndonesia.id akan memberikan beberapa brand yang dianggap brand franchise ternyata bukan. Apa saja itu?
1. Solaria bukan brand franchise

Restoran yang sudah berdiri sejak 20 tahun menjadi salah satu brand yang cukup disegani di Indonesia. Kepopuleran Solaria membuat banyak orang yang ingin bergabung untuk menjalankan bisnis franchise Solaria.
Sayangnya, banyak orang yang tidak tahu kalau Solaria belum membuka kerjasama franchise. Jaringan resto Solaria yang tersebar di Indonesia di hingga saat ini masih dikelola langsung PT Sinar Solaria.
2. Ayam goreng Hisana

Hisana menjadi salah satu brand ayam goreng yang disukai. Sejak 2006, perusahaan ini mampu mempertahankan citarasanya. Puncak kepopuleran ayam goreng Hisana terjadi di tahun 2016 karena sudah berhasil membuka 600 gerai lebih.
Sayangnya, ayam goreng Hisana kini tidak lagi membuka kerjasama franchise. Bahkan di Instagramnya, Hisana dengan tegas menuliskan di keterangan Bio jika mereka tidak membuka kerjasama kemitraan atau franchise.
3. Kopi Kenangan

Siapa yang tidak tahu dengan Kopi Kenangan. Rasanya yang khas membuat Kopi Kenangan bisa bertahan hingga sekarang. Sayangnya, brand tersebut sama sekali tidak berminat membuka bisnis franchise.
Dalam sebuah wawancara, salah satu pemilik Edward Tirtanata menjelaskan jika sistem franchise membuat banyak owner dengan kepentingannya masing-masing. Hal ini akan sulit mengatur manajemen ketimbang mengelolanya sendiri.
Jika kamu ingin bertanya perihal franchise atau kemitraan, bisa menghubungi nomor WhatsApp di bawah ini.
