Buka 250 Gerai dalam Empat Tahun di Indonesia! Ini Sejarah FamilyMart dan Harga Kemitraan

0

FamilyMart merupakan minimarket yang mudah ditemui di wilayah Indonesia. Padahal minimarket ini merupakan waralaba yang berpusat di Jepang.

Banyak yang belum tahu bahwa FamilyMart telah berdiri sejak 1970. Minimarket ini berdiri awalnya sebagai toko kelontong yang dibangun di area tersendiri dan dirancang dengan konsep retail baru atau convenience store.

Pada tahun 1973, convenience store ini secara resmi membuka sistem kemitraan atau menjadi jaringan waralaba bernama FamilyMart CVS yang diresmikan di Jepang.
Pada mulanya, FamilyMart Co. Ltd didirikan sebagai anak perusahaan Seiyu Stores.

Semua bisnis dan properti pun berada dalam kepemilikan Seiyu Group yang merupakan jaringan supermarket, department store, dan pusat perbelanjaan yang ada di Akabane, Kita, Tokyo.

Tetapi pada Februari 1998, saham convenience store ini diambil alih oleh Itochu Group yang saat ini menjadi pemegang saham terbesar dari jaringan waralaba yang satu ini. Selain di Jepang, FamilyMart pun melebarkan sayapnya melalui sistem waralaba dengan membuka gerai di berbagai negara seperti China, Taiwan, Thailand, Filipina, Vietnam, USA, dan Indonesia.

Masuk ke Indonesia

FamilyMart (Flickr)
Baca Juga  Cerita Sukses Bos Alfamart, Pernah Disuruh Jaga Toko Milik Ibu Kini Punya Kekayaan Rp63,6 Triliun

Di Indonesia, FamilyMart memulai bisnisnya dengan menggandeng PT Fajar MItra Indah sebagai pemegang lisensi tunggal. Perusahaan ini merupakan anak usaha dari Wings Grup Eddy William Katuari. PT Fajar Mitra Indah pun mendirikan FamilyMart Indonesia sejak 2012 lalu.

Salah satu keunikan dan kekhasan yang membuat FamilyMart banyak diminati masyarakat Indonesia adalah tersedianya beberapa produk makanan khas yakni Yakitori, aneka sate Jepang, fried chicken, hot dog, dan aneka hidangan unik lainnya.

Adapun untuk kebutuhan makanan siap saji tersedia berbagai pilihan rice bowl, pasta, bento, hingga sandwiches. FamilyMart juga menyediakan berbagai jenis minuman seperti fresh brewed coffee hingga instant drinks yang disajikan sesuai selera pelanggan di Indonesia.

Kemitraan

FamilyMart (Flickr)
Baca Juga  IFRA 2024 Berikan Inspirasi bagi Pebisnis Waralaba Indonesia, Beri 7 Awards untuk Brands

Gerai pertama dibuka pada 16 Oktober 2012 di Cibubur, gerai kedua di Jalan Bulungan, Jakarta Selatan pada 17 November 2012. Kemudian, pembukaan gerai FamilyMart ketiga di Pejaten, Jakarta Selatan, gerai keempat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, dan kelima di Thamrin Residence Apartment, Jakarta Pusat.

Hingga saat ini, FamilyMart Indonesia telah memiliki sekitar 100 gerai yang tersebar di area Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Pada pertengahan 2018, perusahaan tersebut sudah memiliki 100 lapak dan kini sudah mencapai lebih dari 250 lapak atau tumbuh 150 persen dalam 4 tahun. Mengutip berbagai sumber, untuk membuka gerai Family Mart, mitra bisa menyiapkan modal investasi mulai dari Rp800-Rp900 juta dengan format Convenience Store.

Jika kamu ingin bertanya perihal franchise atau kemitraan, bisa menghubungi nomor WhatsApp di bawah ini.

WhatsApp Chat Icon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *