Layanan pesan dan antar makanan memudahkan para pelanggan memesan makanan yang diinginkan tanpa perlu ke luar rumah. Sementara dari segi UMKM, layanan ini akan memperluas pasar mereka.
Di Indonesia, ada tiga raksasa bisnis pesan dan antar makanan yakni GrabFood milik Grab, Gofood milik Gojek dan ShopeeFood milik Shopee. Ketiganya terus bersaing untuk menjadi yang nomor satu.
Namun, nampaknya tiga raksasa itu akan mendapatkan pesaing baru. TikTok dikabarkan tertarik membuat layanan yang serupa pada aplikasinya.
Dilansir dari Sount China Morning, seorang sumber yang berlokasi di Indonesia mengatakan jika TikTok berencara bekerjasama dengan operator mapan untuk layanan ini.
“Di Asia Tenggara, TikTok memiliki rencana bekerja sama dengan operator mapan dalam layanan lokal on-demand seperti pesan-antar makanan,” katanya.
Sayangnya, sumber tersebut tidak merinci operator apa yang akan diajak kerjasama dengan TikTok.
Selain itu, perusahaan asal China ini juga dikabarkan akan masuk ke sektor pariwisata digital alias online travel agent (OTA) di Thailand dan Indonesia. Hal ini diketahui dari laporan media lokal Cina 36Kr.
Disebutkan jika para pemilik restoran serta pedagang Thailand dan Indonesia diarahakan agar bergabung ke fitur ‘layanan lokal TikTok’. Sementara di situs resminya ada hampir 30 lowongan terkait bisnis lokal untuk Singapura, Jakarta dan bangkok.
Meski demikian, dalam pernyataannya di South China Morning Post, operasional layanan lokal di negara Thailand dan Indonesia dalam tahap pengujian. Sehingga bisa saja layanan tersebut tidak jadi dirilis.